Senin, 19 Maret 2012

Tugas IPS gua (XPM1)


A.  Kegiatan Ekonomi dan Pelaku-Pelakunya

1.     Kegiatan Ekonomi

  1. Kegiatan produksi
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memperoleh perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memeperoleh keuntungan, sedang produksi adalah kegiatan membuat dan menghasilkan atau merubah suatu barang/jasa untuk menambah nilai guna barang/jasa.
  1. Kegiatan distribusi
Distribusi adalah kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen, masalah pemilihan
saluran distribusi merupakan masalah yang sangat penting karena kesalahan dalam pemilihan saluran distribusi dapat memperlambat proses penyaluran barang.
            Saluran distribusi adalah sekelompok orang atau perusahaan yang mengambil alih hak / membantu dalam pengalihan hak atas produk dari produsen ke konsumen meliputi pedagang besar, distributor, agen, pengecer dan sales.
           
Manfaat menggunakan perantara bagi produsen antara lain :
1.)    Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen.
2.)    Membantu dalam menyediakan peralatan dan jasa.
3.)    Membantu fasilitas penyimpanan, transportasi.
4.)    Menjangkau lebih banyak konsumen, dan
5.)    Membantu penyampaian informasi, pembungkusan/penyortiran dan promosi.

Masyarakat yang hidup sederhana melakukan kegiatan produksi ada yang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri ada juga yang dijual. Dalam hal ini, jika masyarakat memproduksi untuk kebutuhan sendiri, maka dia berperan ganda yaitu sebagai produsen sekaligus konsumen. Namun ada produk mereka yang dijual langsung pada konsumen, artinya mereka tidak menggunakan saluran distribusi. Walaupun ada pula yang menitipkan kue atau makanan ringan ke warung-warung kecil.
Tetapi bagi perusahaan besar sangat sulit dilakukan, oleh karena itu keterbatasan sumber daya manusia maupun jarak jangkauan kepada konsumen langsung. System distribusi ada 2 macam yaitu :
1.)    Distribusi langsung yaitu penyaluran hasil produksi langsung dari produsen ke konsumen tanpa perantara misalnya, tukang sayur, pedagang bakso, mie ayam, sate dll.
2.)    Distribusi tak langsung yaitu system distribusi dimana penyaluran hasil produksi dilakukan melalui perantara misalnya, pedagang, makelar, importer, eksportir, agen, pengecer, sales dan PKL (pedagang kaki lima)

Perhatikan beberapa skema sistem distribusi beriku :

Sistem distribusi langsung






Skema sistem distribusi tidak langsung

Model 1
Produsen
 


Model 2
Produsen
 

Model 3
Produsen
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar